AKSI NYATA MODUL 3.3 a10.1 Program "ATLAS" Pengelolaan Program Berdampak Pada Murid

 

ARTIKEL REFLEKSI

 AKSI NYATA

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

MUHAMMAD MUNAJAD_CGP ANGKATAN 4

SMPN 25 MALANG


PROGRAM : ATLAS (Ajang Temu Kelas) untuk Peningkatan Jiwa kepemimpinan Murid SMPN 25 Malang

A. PERISTIWA (FACT)

Pendidikan adalah tempat tuntunan dalam hidup tumbuhnya anak-anak; menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Secara natural murid adalah seorang pengamat, penjelajah, penanya, yang memiliki rasa ingin tahu tau minata kan berbgai hal lewat rasa ingin tahu, interaksi dan pengalaman secara nyata.

Oleh karena itu, Sekolah hendaknya menyediakan lingkungan yang menumbuhkan budaya di mana murid memiliki suara, pilihan, dan kepemilikan dalam apa yang mereka pikirkan, niat yang mereka tetapkan, bagaimana mereka melaksanakan niat mereka, dan bagaimana mereka merefleksikan tindakan mereka.

Pada kenyataanya program sekolah baik intrakurikuler, ko kurikuler maupun ekstrakurikuler, seringkali membiarkan murid secara sengaja menjadi tidak berdaya, dengan memutuskan program secara sepihak yang harus mereka jalankan, tanpa melibatkan peran serta mereka secara aktif partisipatif.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka aksi Nyata Modul 3.3 kita mengembangkan program sekolah  dengan dasar pertimbangan utama  Suara, Pilihan, dan kepemiikan Murid, Melalui kegiatan “ATLAS” Ajang Temu Kelas.

ATLAS adalah kegiatan Classmeeting antar kelas yang dilaksanakan setiap selesai Ujian Akhir Tahun. Hal yang berbeda pada kegiatan ini dengan sebelumnya adalah kursi kemudi kegiatan dipercayakan pada murid, mulai dari proses penjaringan bentuk lomba, pelaksana lomba, dan evaluasi lomba.

Hal yang mendasari pentingnya  dilakukan pada Aksi Nyata, melaui ATLAS adalah melejitkan jiwa kepemimpinan murid dengan menempatkan Kursi kemudi kegiatan ATLAS pada murid dengan harapan mampu meningkatkan kompetensi kepemimpinan murid (Student Agency), utamanya kompetensi mengambil keputusan, peran aktif menjalankan, dan bertanggungjawab. Selain itu untuk meningkatkan sikap kritis, inovatif dan kreatif dalam menghadapi sistuasi yang ada. (Profil Pelajar Pancasila).

Berikut Gambaran Pelaksanaan Aksi Nyata

1.   Perencanaan

a.   a. Melakukan sesi dialog dengan MPK (Majlis Perwakilan Kelas ) dan OSIS  untuk  menguatkan ide ATLAS.

b.    b. Curah pendapat bersama  MPK, OSIS, TIM Kesiswaan, Wali Kelas untuk mengetahui Kegiatan pasca Ujian  yang menarik selama ini, sekaligus program yang selama ini dapat menguatkan interaksi positif intra dan antar kelas.

c.    c. Melakukan konsultasi kepada Kepala sekolah terkait program yang diinginkan murid, yang sudah disusun melalui tahapan BAGJA.

d.  d. Menyediakan 'kursi' untuk murid duduk di dalam kepanitaan yang guna meningkatkan potensi non akademik murid di sekolah sehingga memungkinkan murid untuk berkontribusi aktif dalam proses pengambilan, pelaksanaan, evaluasi keputusan.

2.   Pelaksanaan

Dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 21, 22, dan 23 Juni 2022 dengan kepanitian dari OSIS dan MPK sedangkan TIM Kesiswaan sebatas Pendamping Kegiatan saja.

Adapun kegiatan yang dilombakan berdasarkan Suara suara dan pilihan murid adalah Futsal, Senam, Tari, Tarik Tambang, Pojok Literasi.

Berdasarkan pertimbangan waktu pilihan lomba jatuh pada Futsal dan Pojok Literasi

3. Hasil dari Aksi Nyata yang dilakukan

Pelaksanaan Aksi Nyata ini kami berharap;

a.              a. Murid memiliki jiwa kritis, inovatif, kreatif  dan sportif.

b.             b. Murid  mampu menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif.

c.            c. Murid kemampuan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.

d.    d. Murid  memiliki keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya.

    e. Murid Yang menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

f.    f. Menggali bibit bibit unggul murid dan mengembangkannya seuai dengan komptensinya      masing-masing.

Dengan demikian pelaksanaan aksi nyata ini kepemimpinan murid lebih terakomodasi, terasah, bertumbuh kembang melalui interaksi kegiatan dengan segenap komunitas di sekolah. Sehingga dapat menjadi bekal (karakter profil pelajar pancasila) bagi mereka ke depan dalam memimpin bangsa ini.

 B.PERASAAN (FEELING)

Perasaan ketika merencanakan, dan setelah menjalankan Aksi Nyata ini adalah

Bahagia dan bangga saya bisa berkontribusi dalam mengembangkan program sekolah yang berpihak pada murid, Program ATLAS yang mengakomodasi suara, pilihan dan kepemilikan murid. Sejak proses perancangan melalui tahapan BAGJA saya awalnya kurang yakin  dan optimis ini dapat menggugah motivasi murid, tetapi

ternyata dengan mereka diberikan kursi kendali kegiatan dan hasilnya di luar ekspektasi saya, mereka mampu memprogram dan menjalankan penuh dengan semangat mulai dari persiapan dan pelaksanaan.

Aksi nyata ini program yang berdampak pada murid ini adalah  merasa tertantang karena program ini menekankan pada aspek dampak langsung pada diri murid misalnya kepedulian, kebersamaan, tanggung jawab, semangat gotong royong, dan kritis, kreatif, inovatif. Yang dapat menjadi bekal murid  untuk kehidupan yang lebih baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.

Perasaan saat program ini terlaksana perasaan bahagia dan juga optimis dengan pencapaian program dengan pencapaian program yang sudah berjalan, terlaksananya program ini tidak terlepas dari kolaborasi semua pemangku kepentingan terutama murid yang sangat antusias, Tim Kesiswaan, OSIS, MPK,  dan wali kelas yang mengkoordinir kegiatan dan dukungan dari Wali Murid.. Dengan respon yang baik dari warga sekolah terutama murid membuat saya ingin terus terlibat dalam pengelolaan program ini agar lebih baik lagi ke depannya dan dengan harapan dapat terus berkelanjutan.

 C.PEMBELAJARAN (FINDING) YANG DI DAPAT DARI PELAKSANAAN AKSI NYATA.

Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan keseluruhan Aksi (baik dari kegagalan maupun keberhasilan)

Pembelajaran berharga yang saya peroleh dari pelaksanaan aksi nyata “ATLAS” adalah jika sebuah program dijalankan berdasarkan suara dan pilihan murid maka program tersebut akan berjalan optimal, Murid butuh kepercayaan dari guru, ketika ruang kepercayaan dibuka maka energi kreatifitas murid akan mengembang dengan sendirinya. Oleh karena itu komunikasi aktif – keterbukaan – Kepercayaan adalah modal berharga dalam mengembangkan program sekolah yang berpihak pada murid.

Selain itu, Pembelajaran yang di dapatkan dari aksi nyata adalah terwujudnya kepemimpinan murid dalam meningkatan  jiwa kepemimpinan,murid dan menjadi murid yang berani tampil dan mengekspresikan bakat maupun potensinya pada akhirnya besar harapan saya bahwa program ini akan bisa mewujudkan profil  pelajar pancasila.

Dari aksi nyata ini saya mendapatkan banyak pelajaran penting, yaitu bagiamana saya menyusun dan mengelola sebuah program yang berdampak pada murid dengan pemetaan aset model BAGJA. Selain itu saya menyadari pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk suksesnya program ini. Saya juga belajar bahwa peran guru tidak terbatas pada pembelajaran di dalam kelas sajanamun harus peduli dan ikut terlibat dalam mengelola program yang berdampak pada murid .

 D. PENERAPAN KEDEPAN (FUTURE) RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELKSANAAN DI MASA DEPAN

Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang

Aksi Nyata ini akan saya kembangkan kepada program-program sekolah lain secara bertahap baik Intrakurikuler, Ko Kurikuler, dan Ekstrakuriker.  Saya yakin SMP Negeri 25 Malang akan melahirkan generasi yang kritis, inovatif, kreatif dan sportif di masa yang akan datang. Aksi nyata ini juga masih banyak kekurangan yang membutuhkan perbaikan perbaikan melalui proses- proses ke depan.

Selain itu perlu peningkatan kemitraan guru ,murid  dalam hal kegiatan kegiatan sekolah butuh fasilitasi, navigasi dan motivasi dari guru dan wali kelas pada saat melakukan kegiatan sekolah agar program dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan berdampak pada murid.

 DOKUMEN KEGIATAN ATLAS

A.       Tahap Perencanaan












 B.   Pelaksanaan dan Hasil





DOKUMEN POJOK LITERASI DAN PEMENANG LOMBA







Link Video Persiapan dan Pelaksanaan “ATLAS”

https://drive.google.com/file/d/1RuwjNcHqLm36OpT-pt8tFsvrHqEXBqRr/view?usp=sharing


Komentar